Jum’at, 24 Maret 2017, Andreas Siagian yang akrab dipanggil Ucok, melakukan workshop pengolahan sampah plastic di Dusun Montong Bae, Desa Pemenang Barat.

Sebelumnya, beberapa hari lalu, Ucok dan Ahmad rosidi berkunjung ke rumah Juhaidi Kepala Dusun Montong Bae, sekaligus bertemu dengan Suhaimi Ketua Remaja Dusun Montong Bae untuk mendiskusikan jadwal dan teknis pelaksaan workshop tersebut. Kepala Dusun dan Ketua Remaja setuju melaksanakan workshop tersebut, kami menyepakati tanggal 24 Maret 2017 jam 20.00 WITA adalah waktu yang tepat.

Ucok, Juhaidi Kepala Dusun Montong Bae dan Suhaimi Ketua Remaja Montong Bae

Workshop ini bukan hanya Ucok yang hadir, ada Ahmad Humaidi, Yongki Syaputra, Aang Hunaifi dan Nazilin Furkon.

Pertemuan workshop ini dihadiri oleh remaja dan warga setempat. Workshop pengolahan ini begitu ramai dan terlihat warga antusias untuk membuat Taltol (Pemintal Botol). Alat ini berfungsi untuk mengiris botol plastik menjadi tali panjang berbahan plastik dengan bahan baku botol plastik.

Ucok merasa ini pertemuan yang lumayan membuatnya tertarik untuk melanjutkan workshop selanjutnya.

Strategi Ucok dalam workshop ini adalah dengan cara membuat video tutorialnya terlebih dahulu, cara membuat Taltol, kemudian video ini diputar disaat workshop. Begitu cepat peserta faham pola kerja dan cara membuat alat tersebut. Usai video diputar, beberapa bapak-bapak mulai bergegas mencari alat pembuat Tatol seperti gergaji, palu, paku, kayu dan silet. Begitu juga ibu-ibu tidak mau ketinggalan momen, beberapa ibu-ibu juga bergegas memanaskan botol plastic yang sudah ia siapkan dari rumah.

Pembagian tugas dan kerjasama antar peserta juga terlihat ketika saling membantu menarik dan memperbaiki tali yang sudah dihasilkan. Pembagian tugas juga terjadi, dimana bapak-bapak membuat alatnya dan ibu-ibu mendapat bagian mengiris botol menjadi tali.

Workshop yang meriah dan bahagia. Waktu terus berjalan, tiba saatnya melakukan demo merubah platik menjadi minyak bakar.

Beberapa bapak-bapak masih setia menunggu demo tersebut, namun hasilnya masih nihil, karena ini merupakan percobaan pertama. Malam sudah larut dan kamipun memutuskan untuk menyelesaikan semua rangkaian workshop.