Jumat, 10 Maret 2017. Proses awal pembuatan instalasi oleh Citra Sasmita dan Maskanah di Dusun Karang Subagan Daya, Desa Pemenang Barat. Pada instalasi ini Citra dan Maskanah membuat ‘wayang’ yang menampilkan pigur perempuan. Dari instalasi ini, Citra mencoba mengoptimalisasi peran perempuan dalam masyarakat. Mereka memilih wayang untuk karya intalasinya, karena sebagian banyak dalam cerita pewayangan perempuan selalu menjadi korban. Dari instalasi ini mereka membuat anti tesis dari cerita pewayangan tersebut.

Proses pembuatan instalasi ini menggunakan kardus bekas sebagai bahan dasar untuk membuat wayang. kardus dibentuk menyerupai pigur perempuan setelah itu diberi warna dengan cat acrylic. Instalasi ini nantinya akan dipamerkan  di tengah persawahan dan mengundang warga dan anak-anak untuk bisa berpartisipasi dalam pameran instalasi tersebut. Citra berharap melalui instalasi yang dibuat bersama warga  bisa menjadi media pembelajaran dan penyadaran warga, khususnya perempuan serta untuk mengoptimalkan peran perempuan di masyarakat.

Bahan cat untuk wayang

Citra Sasmita

Pada hari sebelumnya, Citra membuka kelas kursus bahasa Inggris yang diikuti oleh ibu-ibu setempat. “Kursus ini sangat penting sekali untuk ibu-ibu disini, karena melihat Pemenang adalah daerah pariwisata,“ ujar Citra. Kursus Bahasa Inggris ini bertujuan untuk menarik minat ibu-ibu untuk berkumpul dan melihat bahasa sebagai media menjalin relasi.

Tujuan dari program ini adalah untuk menjalin relasi antar perempuan di Dusun Karang Subagan Daya.