Muhammad Sibawaihi lahir tahun 1988, di Kecamatan Pemenang. Tinggal dan berkarya di Lombok Utara. Sibawaihi adalah seorang penulis, peneliti, aktivis seni dan media, dan tokoh intelektual di Lombok Utara. Saat ini, dia menjabat sebagai Direktur Program di pasirputih.

Memulai karir sebagai guru di sebuah sekolah swasta di Lombok Barat sejak 2009-2014. Kemudian bergabung bersama Pasirputih pada tahun 2010. Sejak 2010 sampai saat ini aktif menulis dan membingkai berbagai permasalahan sosial masyarakat Pemenang dan dimuat di website www.akumassa.org. Saat ini ia tetap menulis rubrik khusus akumassa bernas, sebuah penulisan investigasi yang mengangkat pariwisata Lombok Utara, khususnya Pemenang.

2013, Sibawaihi terlibat dalam proyek bersama akumassa di Jakarta Biennale ‘Siasat’. Kemudian Tahun 2014, menjadi fasilitator pada program Media Untuk Papua Sehat (www.halamanpapua.org). 2016 ia menjadi fasilitator Proyek Seni akumassa Chronicle, sebuah proyek mengaktivasi komunitas melalui seni yang diinisiasi oleh Forum Lenteng Jakarta dan Pasirputih Lombok. Siba juga adalah salah satu inisiator Teman Seni Lombok (www.temansenilombok.com), sebuah platform bagi komunitas-komunitas seni di Lombok untuk menguatkan jaringan dan pengetahuan. Akhir 2016, ia mengikuti residensi seniman di Centre for Contemporary Art (CCA), Warsaw, Polandia.