Pembukaan acara Kemah Remaja Be-Young 2016 yang dilaksanakan pada hari ini, tanggal 8 agustus 2016 mampu memikat para tamu undangan dan peserta, dari beberapa penyampaian laporan dan sambutan. Undangan yang diberikan kepada SKPD terkait memberikan tanggapan positif terhadap kegiatan Be-Young, tertanda pada sambutan yang disampaikan oleh kuwaran Tanjung yang menyuntikkan semangat kreatifitas kepada para peserta kegiatan Be-Young.

“Remaja adalah tonggak negara yang harus diasah”, tegas Iskandar, Kawuran Tanjung pada saat memberikan sambutan dan sekaligus sebagai pembuka acara. Kepala Dinas Pariwisata dan Lembaga Lingkungan Hidup Kabupaten Lombok Utarapun menyempatkan diri hadir untuk mensuport kegiatan ini dan berbagi mengenai kondisi pariwisata di Lombok Utara. Lembaga Lingkungan Hidup memberikan penjelasannya mengenai kondisi lingkungan di Lombok Utara saat ini, dua hal ini sangat  berkaitan.

DSC_0117

Kegiatan ini diikuti oleh SMA/MA/SMK sederajat sekabupaten Lombok Utara. Sejumlah 14 SMA sederajat mendelegasikan peserta 4 siswanya dari setiap sekolah yang diundang. Acara pembukaan yang cukup meriah dan didramatisir oleh suasana alam hijau dan laut yang biru membuat para peserta dan tamu undangan merasa nyaman dan santai. Ada juga sambutan yang disampaikan oleh pasirputih diwakili oleh Muhammad Sibawaihi, selaku manager program Yayasan pasirputih. Memberikan alasan dasar mengenai program Be-Young ini dilaksanakan ditempat terbuka.

Sosialitas masyarakat, khususnya remaja Lombok Utara, tercatat sebagai pengguna obat-obatan (narkoba) cukup tinggi dibandingkan dengan tempat-tempat lain. Di Kecamatan Pemenang saja terdapat 300 orang positif menjadi pengguna obat-obatan terlarang dan beberapa sudah diamankan polisi. hal ini kemudian menjadi latar belakang terinisiasinya program ini”. jelas Sibawaihi saat menyampaikan sambutan kegiatan Be-Young.

DSC_0108

DSC_0115

Muhammad Sibawaihi

Ada pula penampilan pantomim dari siswa MA. NW Manggala. Yang berkisah tentang pintu yang sulit sekali dibuka. Hingga akhirnya ia menghancurkan pintu itu dengan sebuah tendangan yang keras. Selain itu ada juga penampilan performance art oleh Hamdani (pasirputih) yang mengisahkan tentang alam, yang katanya dijaga tapi hanya bacot doank. Diawali dengan expresi alam, yang seolah teriak kesakitan, ketakutan, dan keterasingan.

Pembukaan Program Kemah Remaja Be-Young berjalan cukup meriah dan sumringah tak jauh dari presentase yang diharapkan. Hingga pada akhirnya acara pembukaan ditutup dengan sajian santap siang bersama diaula utama kegiatan pembukaan berlangsung.

IMG_20160808_123215

IMG_20160808_121718

IMG_20160808_121206

 IMG_20160808_114718