Bioskop pasirputih, Sabtu 30 April 2016, berkesempatan menayangkan film di Dusun Karang Bedil, Desa Pemenang Timur, Kecamatan Pemenang, Lombok Utara, dalam program bioskop keliling. Pemutaran dilaksanakan di rumahnya Kepala Dusun Karang Bedil. Sebelum pemutaran, Pak Kadus M. Ihsan, yang suka dipanggil oleh masyarakat dengan panggilan Jero, bercerita tentang pengalamannya menonton film. kala itu, pemutaran film atau yang disebut dengan layar tancap pernah ada di Pemenang. Sebelum pemutaran para pekerja layar tancep, mengumumkan kepada warga sambil membagikan poster film yang akan diputar. Pak Jero masih anak-kanak, ketika pekerja bioskop  membagikan poster film  ke warga, tidak jarang warga  berebut untuk mendapatkannya. Masyarakat sering memanfaatkan pemutaran film sebagai ajang silaturrahmi dengan masyarakat lain. Film-film yang sering diputarkan saat itu film-film Tutur Tinular, yang berkisah tentang salah satu kerajaan ada di Indonesia. Antusias warga menonton film di layar tancap sangat besar, sering lokasi yang digunakan untuk menonton tidak cukup menampung warga.

4

Pak Jero pun menghentikan ceritanya manakala pemutaran film segara dimulai. Suasana hening menemani kami dan warga menyaksikan aksi-aksi rakyat melawan para penjajah, dalam film Jaka Sembung, yang dibintangi oleh Barry Prima. Warga sangat menikmati film yang kami sajikan sampi muncul kalimat bertuliskan ‘tamat’.  Film ini memang diputar karena permintaan masyarakat. Masyarakat ingin mengenang kemblai bagaimana masa-masa mereka dulu sering menotnon layar tancap, baik di Lapangan Guntur Muda Pemenang, dan juga di Banjar, salah satu lokasi pemutaran di Pemenang. Tentu warga kembali mengenan kembali pemutaran yang layar tancap terlbih pemutaran kami kali ini, mengingatkan mereka dengan masa lampau mareka, tentang budaya menonton warga. Setelah penayangan film Jaka Sembung tersebut,  warga meminta kepada kami untuk diputarkan film-film Rhoma Irama. Yah, semoga saja pasirputih bekesempatan kembali untuk menayankan film yang diminta oleh warga.

2

Jam menunjukkan pukul 22.00 WITA. koordinator bioskop pasirputih menutup pemutaran film dengan sama-sama menghirup kopi. Pak  Kadus sendiri sangat senang dengan kegiatan yang kami adakan, berbagai jajanan dan cemilan menemani obrolan kami setelah pemutaran.